You are here
Beranda > Pilihan Editor > Dana Desa Untuk Literasi Warga Desa

Dana Desa Untuk Literasi Warga Desa

dncommunity.id –┬áPemerintah mengizinkan dana desa untuk membangun perpustakaan desa. Perpustakaan ini penting untuk meningkatkan literasi warga desa.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes) Eko Putro Sandjojo mengatakan, pihaknya menggagas kerja sama antara Kemendes dan Perpustakaan Nasional untuk meningkatkan literasi masyarakat desa. Dia mengatakan, keberadaan perpustakaan desa akan sangat membantu pengetahuan warga desa.

“Kita adakan MoU dengan Perpusnas sebab literasi di desa ini penting. Dengan adanya buku, maka pengetahuan warga desa akan sangat terbantu dan pada akhirnya bisa meningkatkan produktivitas dan pendapatan warga desa,” kata Eko seusai penandatanganan memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman dengan Perpusnas di Gedung Perpusnas Jakarta, (26/3/2018).

Menurut Eko, fasilitas ruang pendidikan anak usia dini (PAUD) bisa juga dipakai sebagai ruang perpustakaan. Bangunan fisik PAUD kalau pagi dan siang dipakai untuk sekolah anak dan setelah itu masyarakat desa bisa membaca buku di ruangan tersebut. Tahap awal pengembangan perpustakaan ini akan menyasar desa yang infrastrukturnya sudah cukup.

Sekjen Kemendes Anwar Sanusi menjelaskan, perpustakaan desa ini adalah kebijakan baru per tahun ini. Hal ini sesuai dengan amanat Permen No 19/2015 sebagai pengembangan perpustakaan dalam prioritas penggunaan dana desa. “Ini poin penting. Artinya masyarakat desa boleh menggunakan dana desa untuk pengembangan perpustakaan di desa,” Kata Anwar.

Tinggalkan Balasan

Top