You are here
Beranda > Pilihan Editor > Pemerintah Jaga Fundamental Ekonomi Makro Indonesia

Pemerintah Jaga Fundamental Ekonomi Makro Indonesia

dncommunity.id –  Berdasarkan data Bloomberg, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah akan terus menjaga fundamental ekonomi makro, termasuk di dalamnya nilai tukar rupiah. Senin (30/4), kurs rupiah terhadap dolar AS sebesar Rp 13.872.

“Fundamental ekonomi makro kita terjaga dan semua negara mengalami fluktuasi nilai tukar, kami akan terus menjaga,” ujar Jokowi, Senin (30/4).

Kondisi fundamental ekonomi saat ini tetap terjaga. Hal ini terlihat, antara lain dari pertumbuhan ekonomi dan posisi inflasi yang dikendalikan pada angka 3,5 persen.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Maret 2018, neraca perdagangan mengalami surplus US$ 1,09 miliar. Ekspor Indonesia mencapai US$ 15,58 miliar atau meningkat 10,24 persen dibanding Februari 2018.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga mengatakan pemerintah tidak akan melakukan intervensi pada bidang moneter, karena merupakan wewenang Bank Indonesia.

“Kita tahu semua urusan kurs ini fenomena pasar global dialami semua negara. Semua negara juga bergejolak kursnya karena dampak dari kebijakan ekonomi, terutama dari AS,” ujar Jokowi.

 

Sumber: Beritasatu

Tinggalkan Balasan

Top