You are here
Beranda > Pilihan Editor > Mentan: Ekspor Pangan Indonesia Capai Rp 441 Triliun

Mentan: Ekspor Pangan Indonesia Capai Rp 441 Triliun

pertanian

dncommunity.id – Menteri Pertanian RI (Mentan RI), Andi Amran Sulaiman menyatakan, menyebut selama empat tahun pemerintah melakukan terobosan demi mewujudkan pembangunan sektor pertanian di Indonesia yang berdaya saing. salah satu buktinya adalah dengan terjadinya peningkatan ekspor pangan mencapai Rp 441 triliun.

“Ada peningkatan ekspor sebesar 24 persen dengan nilai mencapai Rp 441 triliun,” ujar Menteri Amran, Kamis (22/11/2018) di Aula Sasana Giri Sabha, Polbangtan Malang.

Capaian tersebut, kata Amran, sangat signifikan. Dari sebelumnya Indonesia merupakan negara pengimpor, kini sudah menjadi pengekspor pangan.

Menteri Amran mengatakan, perubahan dalam pembangunan pertanian, diawali dengan revolusi internal. Ada 241 regulasi yang dihapus karena tidak lagi sesuai dengan percepatan pembangunan pertanian.

Pun dari sisi anggaran. Ada Rp 800 miliar anggaran perjalanan dinas dan seremonial yang direalokasi untuk kepentingan petani. “Kami fokuskan itu untuk membeli bibit, obat-obatan dan mesin untuk petani,” imbuhnya.

Berbagai upaya pemerintah dalam pembangunan pertanian, kata dia, dilandasi keyakinan terhadap potensi dan kemampuan sektor pertanian dalam perekonomian negara.

“Kebijakan pangan pemerintah bermuara pada tujuan utama yaitu peningkatan kesejahteraan petani maupun masyarakat umum,” tegasnya.

Mentan RI, Amran Sulaiman mengatakan, sebagai negara agraris, Indonesia punya potensi yang sangat besar, sehingga berani menargetkan untuk menjadi lumbung pangan dunia pada tahun 2045.

 

 

(Sumber: Times Indonesia)

Fauzi
Editor di DNCommunity.

Tinggalkan Balasan

Top