You are here
Beranda > News > Jabar Saber Hoaks gelar Deklarasi Anti Hoaks di Kabupaten Sukabumi

Jabar Saber Hoaks gelar Deklarasi Anti Hoaks di Kabupaten Sukabumi

dncommunity.id – Peperangan terhadap berita hoaks kian digiatkan, Tim Jajar Saber Hoaks yang di bentuk oleh gubernur Jawab Barat, selain mengklarifikasi fakta dan melakukan edukasi di media maya, kini mulai terjun langsung kemasyarakat dengan menggelar sosialisasi dan edukasi di setiap daerah.

Deklarasi Anti Hoaks pertama di gelar di gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi, Palabuhanratu, Kamis 21 Februari 2019. upaya ini sebagai bentuk antisipasi penyebaran berita Hoaks yang semakin merajarela.

Kepala Divisi Klarifikasi dan Diseminasi Jabar Saber Hoaks Alfianto Yustinova mengatakan, isu hoaks yang tersebar di Jawa Barat beragam mulai dari bencana alam, kesehatan, SARA, politik, hingga layanan publik.

“Tak jarang, hoaks lama direproduksi dan dikaitkan dengan isu terkini untuk menggiring opini maupun memancing emosi dan komentar warganet,” katanya.

Hal tersebut dibenarkan pegiat anti hoaks dan fact checker Yusuf Wijanarko. Hoaks kian hari kian mudah menyebar.

“Tingginya gelar akademik tak menjadi jaminan seseorang terbebas dari paparan hoaks. Untuk menghindarkan diri dari paparan disinformasi dan misinformasi, kita harus melatih kepekaan, ketelitian, dan prasangka. Saat menerima informasi yang diduga bermuatan hoaks dan ujaran kebencian, utamakan tabayun dan mencari klarifikasi. Langkah ini merupakan salah satu jalan terbaik agar kita terhindar,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Top