You are here
Home > Opini > Perjalanan Panjang “Time” Inspirasi Media Dunia
1.700 views

Perjalanan Panjang “Time” Inspirasi Media Dunia

dncommunity.id – Bagi banyak orang di New York, membeli Times merupakan simbol bahwa mereka bagian dari kalangan elite dan terpelajar. Brinkley menuliskan, membeli Times secara informal menjadi suatu yang dekat dengan sebuah “kewajiban sosial” bagi kalangan elite di kota yang lekat dengan julukan Big Apple itu.

TIME merupakan salah satu majalah paling berpengaruh di dunia hingga saat ini. Namun, siapa yang menyangka bahwa raksasa media asal Amerika Serikat itu ternyata lahir dari sebuah ide sederhana: mengubah penyajian berita yang dinilai ‘kaku’.

Menurut mereka, media AS kala itu amat jauh dari layak. Kurang sumber berita, pun kebanyakan koran menampilkan informasi dengan cara yang tidak mudah dicerna para pembacanya. “Orang harus berpikir sangat keras untuk membaca koran sebut Luce.

Nama besar TIME dimulai dari dua orang pria, Henry R. Luce dan Briton Hadden, yang punya ide mendirikan sebuah majalah pada 1922. Pengalaman profesional mereka di bidang jurnalisme sesungguhnya masih seumur jagung, tidak lebih dari dua tahun.

Pada 1927, TIME telah mencapai sirkulasi sejumlah lebih dari 175.000 eksemplar dan menjadi salah satu majalah berita paling berpengaruh di AS. Pada tahun ini pula, TIME mulai mengeruk keuntungan.

Era 1990’an hingga awal abad ke-21 menjadi era keemasan Time Inc. Mereka membeli Warner Communication dan membuat konglomerasi media terbesar bernama Time Warner dengan profit tahunan mencapai 10 miliar dolar.

Zaman internet lah yang kemudian secara perlahan menggoyah raksasa media tersebut. Setelah sempat jatuh bangun dengan berbagai macam model bisnis dan bisnis penopang, Time Inc. Time tetap mempunyai sejarah untuk kemajuan jurnalisme. namanya tak akan lekang oleh zaman.

 

 

 

Sumber: tirto.id

Tinggalkan Balasan

Top