You are here
Home > Opini > Warisan Jiwa Besar Bapa Tentara “Sudirman”
1.042 views

Warisan Jiwa Besar Bapa Tentara “Sudirman”

dncommunity.id – Sebagai Panglima Besar, Sudirman tampil sebagai sosok pemimpin yang sederhana. Di kalangan prajurit, dia adalah sosok yang paling dihormati. Perwira-perwira yang tidak menyukainya pun, tampak sulit mendongkelnya dari jabatan panglima tertinggi.

Namun berbeda di medan pertempuran, Sudirman Merupakan sosok  Pejuang, meski dalam kondisinya yang sedang tidak sehat, perjuangan tidak pernah di hentikan. dia berkeras memimpin gerilya dalam Perang Kemerdekaan jilid 2 (1948-1949) itu sambil menghindari perburuan serdadu-serdadu Belanda yang bersenjata lengkap dan lebih terlatih dari TNI

Hingga muncul ungkapan: Sudirman memimpin perang dengan satu paru-paru. Sudirman yang tidak sehat namun masih mampu memimpin gerilya dalam perang yang mustahil dimenangkan Indonesia adalah bukti kebesaran sang Panglima Besar ini.

Heroisme dalam Perang Kemerdekaan dan “kecemerlangan” di Palagan Ambarawa, pria yang pernah menjadi guru di SD Muhammadiyah ini sudah dianggap sebagai Bapak Tentara yang lebih dari menguatkan tentara, melainkan juga membuat tentara jadi kekuatan penting di dalam negara.

Jiwa besar dan semangat patriotik yang tinggi ini, Harus menjadi inspirasi untuk generasi milenial. Dengan perkembangan zaman yang di dominasi oleh kecanggihan teknologi, seharusnya bisa mengantarkan kita pada peradaban yang lebih baik dari hari ini.

Warisan ini merupakan harta yang paling berharga, agar kita bisa mempertahankan negeri ini dari kehancuran, dan mengantarkannya pada masa yang gemilang. Karena tanpa semangat memperhankan dan memperjuangkan rasanya kita akan sulit keluar dari zona ini.

Tinggalkan Balasan

Top