You are here
Home > News > Mahasiswa Bandung Tolak Revisi Undang Undang KPK
2.220 views

Mahasiswa Bandung Tolak Revisi Undang Undang KPK

dncommunity.id – Revisi UU KPK bukanlah hal baru, sejatinya wacana ini telah muncul sejak tahun2010 di masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang diusulkan oleh komisi III. Revisi UU KPK pun masuk kedalam prioritas Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2011 dan 2012. Wacana ini mendapat penolakan kencang dari masyarakat sehingga ketua DPR saat itu setuju untuk menghentikan pembahasan revisi UU KPK.

Pernyataan Sikap Poros Revolusi Mahasiswa Bandung Raya:

  1. Menolak keras Revisi UU KPK karena mengkebiri independensi KPK dan meringankan sanksi tindak pidana korupsi serta mengancam prinsip demokrasi.
  2. Menuntut Presiden dan DPR RI untuk membatalkan pengesahan RUU KPK karena dinilai tergesa-gesa dan tidak masuk kedalam Prolegnas prioritas tahun 2019.
  3. Mendesak Presiden dan DPR RI untuk mengkaji ulang isi draf RUU KPK dengan perubahan signifikan yang menguatkan lembaga independen KPK dan tidak adanya intervensi dari pihak lain.
  4. Mencabut pimpinan KPK terpilih karena terindikasi melakukan pelanggaran kode etik serta memilih kembali pimpinan KPK yang ideal dan sesuai dengan kriteria pada aturan yang berlaku.
  5. Jika RUU KPK ini disahkan, maka kami Mahasiswa se-Bandung Raya dan Jawa Barat akan mengambil sikap tegas dengan menduduki gedung DPR RI dan gedung merah putih KPK secara serentak.

Tinggalkan Balasan

Top