You are here
Beranda > News > JSH Kolaborasi Dengan KPU Jabar Kampanye Pilkada Tanpa Hoaks

JSH Kolaborasi Dengan KPU Jabar Kampanye Pilkada Tanpa Hoaks

dncommunity.id – Pertemuan antara KPU Jawa Barat dan Jabar Saber Hoaks (JSH) berlangsung di kantor KPU Jawa Barat, Senin, 20 Januari 2020. Pertemuan ini mengupas kolaborasi penyusunan kampanye #Pilkada Tanpa Hoaks dalam menyambut pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah di Jawa Barat.

Kolaborasi tersebut penting dilakukan dalam rangka menekan (antisipasi-preventif) sekaligus mencegah peredaran hoaks di daerah-daerah tempat berlangsungnya Pemilihan Kepala Daerah yang rentan terjadinya gesekan horizontal.

Karena itulah diperlukan narasi-narasi positif dan konten edukatif yang dapat membangun kesadaran masyarakat dalam berdemokrasi. Narasi dan konten positif akan diramu oleh Jabar Saber Hoaks yang disesuaikan dengan kondisi sosial-budaya dan karakteristik masing-masing daerah, sehingga konten dan narasi yang disajikan lebih kontekstual dan tematis.

Dalam pertemuan ini, hadir pula perwakilan dari delapan KPU Daerah yang tahun ini menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah.

Jabar Saber Hoaks akan melakukan giat sosialisasi baik secara daring maupun luring dengan penguatan narasi dan konten kreatif sehingga diharapkan dapat meningkatkan persentase partisipasi politik masyarakat pada helatan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2020.

Selain itu, Jabar Saber Hoaks akan melakukan pemantauan informasi bias yang beredar di masyarakat, serta membuka layanan pengaduan informasi dari melalui kanal-kanal media sosial, terkait informasi yang masih diragukan kebenarannya, sehingga informasi tersebut dapat diolah dan terklarifikasi.

Informasi pengaduan dapat disampaikan melalui Hotline WhatsApp Jabar Saber Hoaks di 08211-8670-700, serta melalui kanal social media JSH di Instagram dan Twitter @jabarsaberhoaks, dan Laman Facebook di @official.jabarsaberhoaks.

 

 

(Sumber: jabarprov.go.id)

Fauzi
Editor di DNCommunity.

Tinggalkan Balasan

Top