You are here
Beranda > News > Drone Emprit: Ridwan Kamil, Gubernur yang Paling Disukai Warganet

Drone Emprit: Ridwan Kamil, Gubernur yang Paling Disukai Warganet

dncommunity.id – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil paling disukai oleh warganet, begitu menurut Analisis Drone Emprit dan Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES).

Tingkat kesukaan warganet terhadap Ridwan Kamil paling tinggi jika dibandingkan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yakni sebesar 54 persen.

“Favorabilitas itu kita lihat dari seberapa banyak orang menyukai,” kata Founder Drone Emprit, Ismail Fahmi dalam diskusi online bertajuk Dinamika Baru Elektoral, Ganjar, Anies, dan Prabowo Cs, Bagaimana Menurut Riset Big Data?,┬áSelasa (16/6/2020).

Fahmi menjelaskan, persentase itu didapatkan dari penghitungan jumlah sentimen positif di media sosial dikurangi jumlah sentimen negatif.

Hasil akhir penghitungan tersebut akan menunjukkan persentase favorabilitas dari masing-masing gubernur.

Tingkat favorabilitas Ganjar Pranowo berada di angka 53 persen dan Anies Baswedan 31 persen.

Analisis ini dilakukan pada periode 9 Mei hingga 8 Juni 2020 dengan mengumpulkan data berupa percakapan di media sosial seperti online news, Twitter, Facebook, Instagram dan Youtube.

Selain itu, Fahmi juga menyebut Ridwan Kamil paling banyak mendapat sentimen positif dari masyarakat di media sosial dibandingkan Ganjar dan Anies.

Dalam analisis tersebut sentimen positif pada Ridwan Kamil mencapai 73 persen di atas Ganjar dan Anies.

“Sentimen positif dari Anies Baswedan itu 61 persen paling rendah dibandingkan Ridwan Kamil 73 persen paling tinggi,” ujarnya.

Sentimen positif terbanyak kedua di media sosial diduduki oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 70 persen.

“Kemudian nomor dua Ganjar Pranowo dan yang paling buncit adalah Anies Baswedan,” tutur Fahmi.

Anies justru lebih banyak mendapat sentimen negatif dengan persentase 30 persen. Ridwan Kamil mendapatkan 19 persen, dan Ganjar Pranowo mendapatkan 17 persen sentimen negatif.

 

 

Sumber : Kompas

Fauzi
Editor di DNCommunity.

Tinggalkan Balasan

Top